Lebih Enak Jadi Band Indie/Band Major Label??

Kalau gua tanya gitu sama anak band pasti jawabannya serentak mereka pengen jadi band dibawah naungan Major Label, tapi ada juga beberapa band yang lebih memilih jalur Indie sebagai proses karir mereka.
kali ini gua pengen berbagi pengalaman gua yang gua dapet selama berkarir sebagai band Indie dan band yang bernaung dibawah Major label.
apapun pilihan kalian gua yakin kalian punya alasan sendiri dan gua ngga bakal mempermasalahkan itu, tapi sebelum kalian menentukan pilihan kalian coba kalian memahami terlebih dahulu perbedaan Indie dan Major label disini, semoga memberikan pencerahan dalam karir band kalian, cekidot :
  1. Perbedaan yang paling menclok antara Indie dan Major adalah pada management band dan keuangan, kenapa? ngga bisa dipungkiri hal ini sangat mencolok untuk kedua idealis ini, karena banyak band yang menjadikan band sebagai sebuah profesi yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang (itupun kalau terkenal) dan ada juga yang berkilah tidak mengincar keuntungan (uang) melainkan kepuasan dalam bermain/mengekspresikan diri dalam bermusik karena hobby. Akan teteapi untuk kalian ketahui, jika kalian berada dibawah naungan Major label sesungguhnya label lah yang lebih mendaptkan keuntungan, karena mereka mendapatkan bagian yang cukup besar dari hasil kerja kalian, tapi itu tidak berlaku jika kalian berdiri sebagai Indie band karena semua keuntungan kalian sendiri yang menikmatinya. Selain faktor keuangan tadi perbedaan dalam management juga terasa, karena sudah pasti kalau berdiri sebagai band Indie semuanya diatur dengan band itu sendiri (dibantu sama beberapa rekan kerja sedikit), kalau Major ya sudah pasti diatur oleh management yang sudah dibentuk oleh Major label itu sendiri terhadap band-band yang bernaung dibawahnya.
  2. Perbedaan lainnya yaitu pada fasilitas, kenapa?? jika kalian berada dibawah naungan Major label beruntunglah kalian, karena semua fasilitas ditanggung oleh Major label sampai batas akhir perjanjian kontrak yang kalian sepakati, seperti apa fasilitasnya?? (ini versi gua yang pernah gua dapatkan) awal kalian berkarir di Major tersebut sudah pasti kalian mendapatkan fasilitas dalam menunjang karir kalian dengan dibelikan alat band yang sesuai dengan kalian, fasilitas transportasi dan basecamp (biasanya sebuah rumah/apartemen), fasilitas latihan dan rekaman gratis juga sekolah musik gratis untuk mengasah kemampuan kalian, yang jelas yang gua sebutin ini yang paling berasa kalian dapatkan. Sedangkan untuk Indie band sudah pasti semua fasilitas terkadang ditanggung sendiri dan ada juga ditanggung oleh pihak penyelanggara (jika diundang dalam sebuah acara), tapi jangan salah mungkin sebagai Indie band kalian lebih mendapatkan kepuasan tersendiri karena kalian bakal lebih mandiri.
  3. Perbedaan selanjutnya akan lebih terasa pada proses pembuatan lagu atau album, tanya kenapa?? karena jika kalian berdiri sebagai band Indie sudah tentu kalian bebas mengekspresikan diri kalian dalam membuat lagu dan album yang sesuai dengan idealisme kalian sendiri tanpa ada batasan yang menghalangi kalain. Sedangkan jika kalian dibawah naungan Major, jangan pernah berharap kalian bisa menciptakan lagu dan album yang aneh-aneh  atau berkesperimen dalam berkarya, karena hal itu tidak akan terjadi, sebab Major label lah yang memegang penuh kendali karya kalian, merekalah yang menentukan lagu-lagu kalian akan seperti apa nantinya.
Mungkin 3 hal itu saja yang dapat gua gambarkan tentang perbedaan Major label dan Indie Band, karena menurut gua 3 hal itu yang paling mencolok gua rasakan.
apapun pilihan kalian yang pasti semua sama saja, sama-sama berkarya dibidang musik dan kita harus terus saling mendukung itu baik itu Major/pun Indie, sesama musisi tidak boleh saling menjatuhkan, betul pemirsa??

 

5 komentar:

henawirasatya.com said...

Setuju band indie :D keep posting gan,hehe semangat

Sotoy Abies said...

yoyoi, semangat kakak . . .

Aliv said...

Main musik itu nikmat, selama bermusik masih dianggap suatu kegiatan menyenangkan dan gak pake paksaan :D

Unknown said...

respect indie

Unknown said...

True

Post a Comment

 
Design by Blogspot Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Deals