Tips&Syarat Kirim Demo Lagu Band/Single/Grup ke Record Label


Bagi yang merasa penyanyi single, pemain band, boy and girl band, buruan merapat kemari !!!
Gua pengen bagi pengalaman gua tentang cara masukin demo lagu band gua ke label-label record yang ada di Indonesia, kalau ga nyimak rugi gan . . . (gua yang rugi maksudnya bikin blog tentang ini, hehehe).
Oke langsung aja gua jelasin, sebelum kalian berangkat mondar mandir ngga jelas masukin demo lagu kalian dari label ke label, mendingan kalian pelajari dulu tips, syarat dan tata cara masukin atau kirim demo lagu kalian disini, supaya ngga sia-sia usaha kalian.

PRINSIP DASAR MEMBENTUK SEBUAH BAND/GRUP, PENYANYI SINGLE

  1. Hal paling utama yang kalian lakukan adalah bikin komitmen untuk band kalian sendiri, itu juga berlaku buat para boy/girl band, dan penyanyi single. kenapa?? kalian harus benar-benar komit dalam bermusik, dan ini bakal memberikan pengaruh untuk jati diri kalian dalam bermusik (keseriusan).
  2. Bagi para band, boy/girl band, lebih baik menentukan nama grup kalian dengan baik, menarik, mudah diingat, juga menjual. Karena biasanya label akan lebih mudah tertarik dan kalaupun demo kalian terpilih ngga menutup kemungkinan nama grup kalian bisa diganti oleh mereka, jadi untuk menghindari itu mendingan di pikirin matang-matang.
  3. Sediakan materi lagu minimal 3 lagu yang menjual, tapi akan lebih baik kalian memiliki lebih dari 10 materi lagu, karena biasanya label akan meminta banyak materi lain untuk dijadikan pertimbangan jika demo kalian dipilih. Jangan memaksakan idialisme kalian, karena sangat jarang record label memilih band yang musiknya bersifat idialis, mereka lebih memilih karakter sesuai pasar.
  4. Khusus band, boy/girl band belajar dari sekarang untuk membentuk suatu management (pasti taulah management apa??) karena label biasanya lebih memilih band yang sudah profesional (meskipun berawal dari band indie), dan itu akan menjadi pertimbangan label untuk meloloskan demo kalian.
  5. Kalau semua komponen diatas setidaknya kalian sudah memliki prinsip dasar dari sebuah band/grup, dan perlu diingat jangan pernah berfikir band/grup, juga materi  lagu yang kalian punya itu lebih bagus ketimbang yang sudah ada-ada, karena hoki lah penentunya disini.

TIPS & SYARAT MENGRIM/MEMASUKAN DEMO LAGU KE RECORD LABEL

  1. Persiapkan profil+cover CD demo band kalian (INI BAGIAN YANG TERPENTING DAN PENENTU) buat semenarik mungkin, sekreatif mungkin, jangan seadanya, konsep benar-benar. Kenapa?? karena tahap seleksi yang dilakukan pertama kali dilakukan label ya itu dengan hanya melihat profil+cover CD demo yang kalian masukkan, kalau menurut mereka punya kalian bentuknya alay bin lebay atau bahkan seadanya sudah dipastikan punya kalian bakal disisihkan secara tidak hormat tanpa mendengarkan materi lagu yang kalian punya.
  2. Ngomongin profil+cover CD pasti ngga akan lepas dari yang namanya FOTO !!! konsep benar-benar foto kalian mulai dari tema, lokasi, kostum, dan kualitas gambar, kemudian cetak dalam ukuran post card.
  3. Sediakan 3-5 lagu seperti yang sudah gua jelasin diatas dalam bentuk CD AUDIO.
  4. Buat list label yang pengen kalian masukin, dan perlu diingat kalian ngga perlu masukin kesemua label yang ada di Indonesia, karena itu bakal sia-sia bos alias ga efektif. Pilih label yang sesuai dengan karakter band+materi lagu kalian. berikut gua lampirin list record label yang ada di Indonesia record label.
  5. Kalau semua sudah dipersiapkan pastikan semua syarat yang gua sebutin tadi sudah lengkap dan jangan lupa lampirkan KTP kalian, Contact Person, karena masukin demo ke label itu sama halnya dengan melamar sebuah pekerjaan.
  6. Kemudian atur janji dengan salah satu pihak label, dan kalian perlu hati-hati bos kena tipu, karena dilabel itu sendiri banyak mafia-mafia yang pengen memanfaatkan keluguan dari band/penyanyi baru. Antar proposal profil+CD demo kalian sampai ke tangan yang benar (bagian penerimaan demo), jangan pernah pasrah kalau kalian suruh menitipkan demo kalian di satpam/keaman/resepsionis, sudah pasti dijamin demo kalian ngga akan sampai ke bagian penerimaan demo.
  7. Kalau kalian pengen ngirim demo lewat pos, lebih baik jangan karena sudah pasti ngga akan sampai ketangan yang benar dan bisa-bisa demo kalian bisa disalah gunakan, lebih baik kalian masukin demo kalian lewat email resmi dari reord label itu sendiri.
  8. Kalau demo kalian sudah dimasukkan dan sudah dijamin diterima oleh orang yang benar, lakukan hubungan secara konstan (2-3bulan sekali) dengan label untuk menanyakan nasib demo kalian, dan tetaplah bersabar juga berjuang kalau demo kalian ditolak.
Oke mamen, itu aja yang bisa gua share . . . semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam persiapannya.
Catatan : Tetap semangat, terus berkarya, jangan minder, dan jangan lupa minum air putih

18 komentar:

Daniel Chau said...

terima kasih tips and triknya. sangat membantu.

SELA YUNAR said...

thanks bro atas semua informasinya and wish me luck yah...

Arjun Cimsone said...

Thanks untk informasinya

uus fierdaus said...

http://www.reverbnation.com/open_graph/artist/3219167?1336410755

Anonymous said...

Hi temen plisss lihat lagu saya di youtube ya……..(ingin bernyanyi) http://www.youtube.com/watch?v=JQHiOhC51Ig dan (ingin membuatku menangis) http://www.youtube.com/watch?v=38WhxFyRBaI

Dwi Ramadhani Mahadika said...

www.reverbnation.com/nolst

Sotoy Abies said...

tetep bekarya, tetep semangat, jangan minder, dan jangan lupa minum air putih teman-teman nah lo?? ngomong-ngomong makasih ya komennya

Anonymous said...

List label itu apa y...
Aku merasa mampu buat lagu Dan penyanyi solo..
Tp g punya modal...
Hanya mimpi rasanya untuk bisa terkenal...
082136024233
Kalo bisa di SMS aha jawabannya...
Ski jarang internetan...

Panji Surahman said...

mantap,,,,tks brow infonyaaa,,,,,
jangan lupa degerin lagu ane jg di youtube ye,,,,,GATONG BAND_SEANDAINYA

welcom to my blog said...

Ni gan ane kasih tutorialnya untuk melengkapinya...
kunjungi balik aja blog ane gan di sini
http://allifkecil91.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-demo-musikrekaman-sendiri.html

welcom to my blog said...

Ni gan ane kasih tutorialnya untuk melengkapinya...
kunjungi balik aja blog ane gan di sini
http://allifkecil91.blogspot.com/2013/07/fruity-loop-studio-10.html

Sotoy Abies said...

welcome to my blog : thanks nih bro, asli nambah wawasan lagi, pas banget ane juga lagi mau belajar FL

LINO FROM THE DARK said...

Thanks Bgt gan.. td udah d jelasi bwt Band, boy/girl band..
gmn dgn Penyanyi Solo/Single jika masu masuk ke Label..
And bwt penyanyi single gmn bwt managenentx, and cara jadi manager dari penyanyi tersebut..
mohon bantuanx..
thanks bgt bwt blog yg sgt membantu ini..

jOjo sOemaryo said...

http://jojosimamora.blogspot.com/

Join Gan!! :)

Sotoy Abies said...

LINO FROM THE DARK : untuk penyanyi solo/single prosesnya sama aja gan, cuman mungkin agak susahnya waktu konsep dan recordingnya, butuh beberapa orang untuk ngebantuin bikin musiknya, tapi kalo mau enak belajar bikin musik sendiri pake software loop yang ada . . . atau record akustik aja, yg penting suara karakter lo sendiri yg ditonjolin (karena solo) . . .
untuk management bisa diri sendiri juga, itung2 belajar dan hemat bajed . . .

robin said...

mau tanya ajah...kalo tanpa band maksudnya kita adalah komposer tapi bikin lagu untuk penyanyi solo rupa afgan or Rossa gitu gimana ya?

aricha helda said...

bener bener harus banyak bersabar and banyak berjuang..

Candra Gumelar said...

http://www.reverbnation.com/suliwa?profile_view_source=header_icon_nav

Post a Comment

 
Design by Blogspot Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Deals